Tag

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Menggunakan XAMPP

Membangun web server di Windows menggunakan XAMPP

Kalau temen2 pengen membangun web server di lingkungan Windows, yang paling mudah ya gunakan XAMPP yang temen2 bisa download di http://sourceforge.net/projects/xampp/. Setelah itu temen2 bisa langsung install. Saran Q, gunakan path yang tidak menggunakan whitespace seperti spasi walaupun untuk versi yang terbaru kyaknya sudah bisa menggunakan spasi. Jadi temen2 bisa install pada path C:\\webserver atau apa saja yang tidak ada spasinya. Untuk instalasi temen2 tidak perlu menginstall sevicenya, jadi jika ada pertanyaan untuk install service cancel aja.

Misalkan temen2 install di C:\\webserver.

Sekarang jalankan xampp start.exe atau xampp control panel.exe yang ada pada C:\\webserver\xampp\ (jika menggunakan xampp control panel, klik start untuk apache dan mysql). Lalu buka di browser http://localhost dan akan muncul situs xampp untuk administrasi program tersebut. (saat ini gw blm menjelaskan penggunaan administrasi tersebut misalnya untuk keamanannya).

Untuk membuat halaman web perdana, buatlah sebuah folder pada C:\\webserver\xampp\htdocs\ dengan nama perdana.


Ini Halaman Perdana

Kemudian buka dengan browser dengan alamat http://localhost/perdana/perdana.php.

Untuk mempermahir teman2 dapat mempelajari tag html, PHP dan MySql. Saran gw, untuk html dan MySql temen2 bisa belajar di www.w3school.com dan PHPnya menggunakan PHP manual yang bisa temen2 dapatkan di http://www.php.net/download-docs.php . Untuk mempercantik tampilan temen2 juga bisa mempelajari Java Script yang juga bisa dipelajari di www.w3school.com.

Selamat mencoba dech…Gut Luck..Gbu!!!